7 Tips Ketika Mengasuh Lansia

cara merawat orang tua yang pikun

Rawatlah Orang Tua Kita Di Rumah Bersama dengan Kita

 

Orang tua adalah anugrah dari Tuhan yang Maha Kuasa, karena tanpa adanya mereka mungkin kita tidak akan ada di dunia ini. Pada saat muda, mereka berjuang keras dengan segala daya dan upaya agar anaknya bisa mendapatkan tempat tinggal, pangan, sandang dan pendidikan yang layak. Hingga tidak jarang dari orang tua kita yang tidak mempedulikan rasa lelah serta sakit yang mereka terima.

Namun pada saat tua, disaat orang tua sudah tidak lagi berdaya dan bisa sesehat sebelumnya, banyak diantara anaknya yang malah mengabaikannya. Alih-alih merawat dan tinggal serumah dengan orang tua.

Banyak anak yang lebih memilih orang tuanya untuk dirawat di Panti Jompo dengan alasan tidak memiliki waktu. Yang lebih parahnya lagi, orang tua yang sudah sebatang kara ditinggalkan begitu saja di kampung dalam keadaan tidak punya, sungguh tega.

Tentunya kita tidak ingin menjadi anak yang durhaka pada orang tua dengan menelantarkan orang tua kita. Sebenarnya orang tua kita, seperti apapun dia kita harus tetap merawat mereka di kala tua. Ingatlah diri kita ketika kecil dahulu diasuh dan ditimang oleh orang tua kita. Dibesarkan, dididik dan dibiayai oleh mereka. Dan sekarang giliran kita untuk menjaga mereka.

Lihat Juga : Jasa baby Sitter di jakarta

Berkesempatan Menjaga Orang Tua Yang Telah Lansia adalah Anugrah

Tahukah Anda bahwa berbuat baik dan merawat orang tua adalah suatu amalan yang amat sangat dicintai oleh ALLAH SWT. Bahkan amalan ini lebih utama daripada berjihad di Jalan ALLAH.

Jadi Apakah kita akan menyianyiakan amalan yang sangat berharga ini begitu saja?

Tips Mengasuh Orang Tua Yang telah Lansia

Mengasuh orang tua yang telah lansia memang memiliki caranya tersendiri, selain karena kesibukan kita ketika bekerja mengasuh orang tua juga membutuhkan kesabaran ekstra. Sebab orang tua ketika sudah menginjak usia Lansia tidak jarang prilakunya kembali menyerupai anak-anak.

Nah makanya kali ini babysitterjakarta.com memiliki beberapa tips yang mudah-mudahan dapat dipraktekan dalam merawat orang tua yang telah Lansia.

Lihat Juga : 4 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Oleh Baby Sitter

1 Jangan Dibantah, Dengarkan saja

Lansia terkadang suka sekali berbicara, bahkan terkesan cerewet bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan mereka sudah mengalami banyak sekali hal dan merasa bahwa mereka lebih tau tentang suatu hal dari pada anak-anak mereka.

Ketika menghadapi orang tua yang seperti ini,kita tidak boleh menanggapinya sambil lalu atau malah mencibir mereka cerewet. Karena sebenarnya kitapun ketika anak-anak seperti itu.

Ketika kita masih anak kecil, kita sering sekali mengomentari apapun yang terjadi pada lingkungan kita. Yang parahnya kita mengomentari hal-hal tanpa mengerti apakah itu yang kita komentari, bahkan cenderung ngawur, dan orang tua kita dengan sabar mendengarkan kita.

Nah sekarang, marilah kita sebagai anak mendengarkan juga orang tua kita yang sudah lansia ketika mereka bicara. Jangan dibantah atau dibentak, karena itu dapat menyakiti hatinya. Insya ALLAH hal ini akan menjadi pahala untuk Anda.

2 Bicaralah kepada mereka dengan tutur kata yang santun

Orang tua kita yang telah lansia mungkin akan berbicara terus tentang apapun. Terkadang semua hal tidak akan luput dari komentar mereka.

Atau terkadang mereka memiliki pendengaran yang berkurang, sehingga kita harus agak sedikit mengeraskan volume suara kita ketika berbicara dengan mereka.

Kedua hal tersebut jangan sampai membuat kita jadi bertutur kata kasar terhadap orang tua kita. Sabarlah, Insya ALLAH nanti akan menjadi pahala dengan ganjaran yang besar untuk kita anak-anaknya.

3 Jawablah Setiap pertanyaan mereka, walaupun berulang ulang

Orang tua kita yang sudah lansia, terkadang agak berkurang penglihatan, pendengaran dan ingatannya. Sehingga terkadang kalau kurang jelas akan terus bertanya berulang ulang.

Kadang Orang tua kita yang telah lansia, bahkan lupa dengan anaknya dengan bertanya “Ini Siapa ya?” Jika itu terjadi, jawablah dengan sabar dan sopan.

Ingatlah bahwa kitapun ketika kecil seperti itu, dan orang tua kita sedikitpun tidak pernah marah .walau kita mengucapkan hal yang sama dan bertanya pertanyaan yang sama berulang kali.

Lihat Juga : Inilah alasan kenapa Yayasan Harapan Bunda Menjadi yang terbaik

4 Jangan Biarkan orang tua melamun, berilah aktifitas

Masalah terbesar yang dialami oleh para pensiunan atau orang tua lansia yang sudah tidak bekerja adalah post power syndrome. Yang berarti mereka akan merasa lumpuh dan bingung karena tidak ada hal lain lagi yang dapat mereka kerjakan serta membuat mereka aktif setelah tidak lagi berdinas.

Kondisi ini, jika berlangsung lama dapat membuat orang tua menjadi cepat pikun bahkan sakit. Maka dari itu untuk mengatasinya berilah orang tua kita kesibukan. Jika mereka suka membaca buku, ajaklah ke toko buku dan berikan buku-buku yang mereka senangi.

Ajak mereka ke majelis ta’lim, atau organisasi untuk para senior. Mudah-mudahan hal ini akan memberikan mereka semangat hidup yang baru sehingga pikiran orang tua kita yang telah lansia tidak kosong dan senantiasa terhindar dari kepikunan.

5 Masaklah makanan yang mudah mereka makan

Jangan memasak makanan yang sukar dikunyah atau pun keras untuk orang tua kita. Berikan mereka nasi yang agak lembut, serta lauk yang mudah dikunyah.

6 Pastikan Lantai Kering dan Tidak Licin

Selalu perhatikan lantai di rumah kita, terutama yang berada di kamar mandi. Orang tua yang telah lansia tidak memiliki keseimbangan tubuh seperti kita yang masih muda. Mereka mudah sekali terjatuh dan sekalinya terjatuh terkadang bisa fatal sekali.

Tentu kita tidak menginginkan hal ini terjadi pada orang tua kita bukan? Maka dari itu selalu pastikan lantai kering dan tidak licin untuk keamanan orang tua kita yang telah lansia.

Lihat Juga : 9 Tips Cara Memilih Baby Sitter

7 Perhatikan makanan dan minuman mereka

Orang yang sudah tua, seperti layaknya anak bayi. Mereka tidak boleh makan dan minum sembarangan seperti kita yang masih muda. Perhatikan makanan apa saja yang di pantang, periksa juga riwayat kesehatannya. Jangan sampai kita memberi mereka makanan yang dapat memicu penyakit, seperti memberi kacang-kacangan pada orang tua yang menderita asam urat.

Nah demikianlah 7 Tips dari BabySitter Jakarta tentang apa saja yang harus diperhatikan ketika merawat lansia. Mudah-mudahan bapak dan ibu dapat mempraktekannya.

Salam Hangat

 

Yayasan harapan Bunda

Bagaimana cara yang benar merawat lansia

 

author

BabySitterJakarta.com adalah sebuah website milik yayasan harapan bunda yang dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang cara-cara pengasuhan dan bagaimana memilih baby sitter yang terbaik pada masyarakat.

Leave a reply "7 Tips Ketika Mengasuh Lansia"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*