Cara Menghindari Sindikat Baby Sitter dan Pembantu Maling

Cara berhati hati adalah dengan mengambil pembantu di yayasan harapan bunda

Hati hati terjebak dengan sindikat baby sitter maling

 

Dewasa ini modus kejahatan sudah semakin beraneka ragam, yang tentuny a membuat kita harus sangat berhati-hati tentang apa yang kita lakukan atau kita putuskan. Terlebih lagi tentang kejahatan yang ternyata bahkan bisa terjadi pada rumah yang kita tinggali sehari-hari.

Sebutlah seorang ibu bernama Rose yang sehari-hari bekerja di suatu daerah perkantoran di Kuningan, jakarta Selatan. Kesibukannya menjadi seorang wanita karir membuatnya harus mencari seorang pembantu dan juga baby sitter untuk mengurus pekerjaan dirumah sekaligus menjaga anaknya.

Karena hal itulah, dirinya akhirnya mengambil seorang pembantu dari seorang makelar yang berada di sekitar rumahnya di daerah mampang Jakarta. Makelar tersebut bernama Pak Bedjo, pak Bedjo ini membawakan Ibu Rose ini seorang pembantu dan juga seorang baby sitter untuk keluarga bu Rose.

Masing-masing bernama Maryati dan Suprihatin, yang rupanya keduanya berasal dari kampung yang sama. Ibu Maryati yang bertugas sebagai pembantu kurang lebih usianya 30 tahunan, berperawakan agak gemuk dengan kulit agak kehitaman seperti layaknya seorang mbok yang biasa pergi ke sawah.

Sedangkan suprihatin masih jauh lebih muda, usianya sekitar 25 tahun dengan kulit agak putih namun giginya agak sedikit maju.

Keduanya mulai bekerja di rumah Ibu Rose pada sekitar bulan dua tahun 2015, yakni tepat setelah Ibu Rose melahirkan anak keduanya yang bernama Daniel.

Pada awalnya semuanya terasa baik-baik saja, dan Ibu Rose pun pada dua bulan awal bekerja tidak merasakan adanya kejanggalan pada pembantu dan baby sitter yang bekerja di rumahnya. Masakan yang enak, rumah yang rapih serta anak yang diasuh dengan baik membuat Ibu Rose sangat percaya dengan Bu Maryati dan Suprihatini ini.

Dan ternyata eh ternyata justru kepercayaan tersebut harus dibayar mahal oleh keluarga Bu Rose. Tepat pada bulan ke empat dimana mereka berdua bekerja. Pada saat tengah hari bolong dimana tidak ada orang yang ada dirumah dan hanya mereka berdua saja dengan dua anak dari Ibu Rose. Mereka membobol lemari di rumah dan membawa kabur perhiasan serta uang tunai sejumlah total 15 juta rupiah.

Beruntung Daniel dan Ananda tidak dibawa lari oleh mereka berdua. Karena ternyata kedua anak ibu rose ini dititipkan ke tetangga dengan alasan mereka berdua mau ke pasar sebentar.

Lihat juga : Layanan Baby Sitter Aman dan Terpercaya

Carilah Yang Jelas Sebelum Menyesal

Kejadian tadi seharusnya membuat kita semua menjadi tersadar bahwa di Kota besar seperti jakarta ini kita harus berhati-hati agar tidak terjebak dan tertipu seperti Ibu Rose tadi. Seorang yang selama beberapa waktu berkelakuan baik dan menyenangkan bisa seperti Maryati dan Suprihatin tadi bisa jadi memiliki maksud tersembunyi untuk merampok kita.

Maka dari itu, disarankan untuk para Ibu dan Bapak, apalagi yang sibuk bekerja untuk selalu memperhatikan asal-usul orang-orang yang bekerja di rumah. Ketahuilah dengan jelas tempat tinggal, keluarga terdekat dan status riwayat pekerjaan sebelumnya sebelum menerima mereka bekerja di Rumah.

7 Tips Menghindari Sindikat Pencuri Masuk Ke Rumah

Dari kejadian tadi, dari Sahabat-umi.com punya sedikit tips yang mudah-mudahan dapat membantu bapak dan ibu untuk menghindari sindikat pencuri yang menyamar jadi baby sitter ataupun pembantu bisa masuk ke rumah.

1 Pekerjakan Orang Yang Sudah Jelas

Tips pertama yang harus Ibu dan bapak perhatikan adalah hanya mempekerjakan seseorang yang sudah jelas asal usulnya. Jangan main asal terima orang bekerja karena akibatnya bisa fatal.

Selidikalah dari daerah mana dia berasal, lihat KTPnya. Coba cocokan KTP dengan nomor NIK (ibu bisa download aplikasi android untuk cek kecocokan nomor KTP atau bisa cek Via internet).

Lihat juga ijazah dan coba tanya latar belakang keluarganya. Jikalau memungkinkan cobalah cek keadaan keluarganya jika sempat agar kita bisa dengan tenang mempekerjakan pembantu atau baby sitter baru.

Memanng sih agak sedikit ribet namun dikemudian hari, hal ini akan menyelamatkan Anda dari kejadian-kejadian kehilangan dan kejahatan lainnya yang mungkin terjadi.

Lihat juga : 5 Cara memilih Baby Sitter yang patut dicoba

2 Pilihlah Dari Penyalur Terpercaya

Jangan asal terima orang dari orang lain atau makelar yang tidak jelas asal usulnya. Cobalah pilih penyalur Pembantu atau baby sitter yang benar-benar resmi dan memiliki reputasi baik. Memang sih akan ada cost tambahan, namun tentunnya hal tersebut akan lebih murah daripada kerugian akibat tindak kejahatan pembantu atau baby sitter sindikat yang masuk ke rumah Anda.

Dengan memilih yayasan yang terpercaya Anda juga akan dengan tenang bisa menuntut mereka jikalau ternyata pembantu atau baby sitter yang mereka salurkan melakukan suatu kejahatan. Ingat bu, yang lebih jelas tentu lebih aman di hati.

3 Pasang CCTV Jika Perlu

Anda curiga dengan pekerja yang baru masuk ke rumah Anda? Tenang saja sekarang sudah banyak cctv murah dan dijual bebas dimana saja. Jadi ibu dengan leluasa bisa mengawasi keadaan rumah bapak dan ibu dari mana saja.

Atau untuk memberikan efek diawasi, bapak/ibu bisa memasang beberapa cctv bohongan disekitar rumah dan mengingatkan orang yang baru bekerja bahwa di rumah dipasang cctv. Jika mereka yang baru bekerja tersebut tiba-tiba minta berhenti maka jangan marah, bisa jadi mereka adalah sindikat yang merasa tindakan mereka sudah tercium dan memillih mundur.

4 Pelari dasar Psikologi

Sepandai-pandainya tupai melompat pastilah akan terjatuh juga. Maksudnya adalah sepandai-pandainya penjahat berbohong pasti akan terkuak juga. Dengan mempelajari sedikit ilmu psikologi seputar mengenali pembohong, Ibu pasti sudah bisa menebak mana yang ada udang di balik batu dan mana yang benar jujur mau bekerja.

Dengan ilmu-ilmu dasar seperti hal ini juga jika ibu berhasil menguasainya tentu akan menjadi suatu keunggulan tersendiri di tempat ibu dan bapak bekerja nantinya.

5 Selalu kunci Pintu kamar dan ruangan tempat barang berharga

Jangan lengah! Sebaik apapun mereka yang bekerja di rumah Anda, jangan pernah memberi tahu mereka tempat barang berharga di rumah. Jangan taruh sembarangan kunci rumah Anda.

Pastikan barang berharga ditaruh ditempat yang Hanya Anda atau suami yang bisa menjangkaunya.

Lihat juga : Cara Membuat Baby Sitter Betah di Rumah

6 Jangan Mencirikan Anda memiliki barang berharga di Rumah

Terkadang kejahatan juga terjadi karena korbanlah yang memancing tersangka untuk bertindak. Seperti seekor kucing yang jinak dan baik, tiba-tiba mencuri ikan karena melihat ada ikan tergeletak di lantai.

Maksudnya adalah jangan mencirikan Anda adalah orang kaya dengan memakai perhiasan berlebihan di rumah. Karena hal tersebut dapat memacing niat jahat seseorang. Ingat waspada lebih baik dari pada harus membayar sebuah nilai penyesalan.

7 Berkomunikasilah dengan Tetangga

Tips terakhir yang bisa Anda lakukan adalah, Anda harus memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan para tetangga Anda. Buatlah mereka jadi mata tambahan Anda untuk keadaan dirumah. Karena merekalah yang akan pertama kali menolong Anda jika terjadi seseuatu di rumah Anda.

Mereka pun bisa membantu Anda mendapatkan informasi yang utama seputar perkembangan anak anda dan cara baby sitter ataupun pembantu Anda mengurus rumah. Maka dari itu, pastikan kita memiliki jalinan komunikasi yang baik dengan para tetangga.

Nah ibu-ibu sahabat umi yang saya cintai, sekianlah tulisan umi tentang cara mencegah Sindikat penjahat masuk ke Rumah dari Umi Basil. Mudah-mudahan dapat menjadi suatu tips yang berguna bagi Ibu-ibu sekalian.

 

Salam hangat,

 

Umi basil

 

mari hubungi kami di daerah bekasi cibitung dan depok

author

BabySitterJakarta.com adalah sebuah website milik yayasan harapan bunda yang dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang cara-cara pengasuhan dan bagaimana memilih baby sitter yang terbaik pada masyarakat.

Leave a reply "Cara Menghindari Sindikat Baby Sitter dan Pembantu Maling"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*