Cara Mengetes Keterampilan Baby Sitter yang baru bekerja

mari sewa jasa baby sitter di jakarta

Pastikan baby sitter yang Anda pekerjakan benar-benar sesuai

Di Era Sekarang ini, keberadaan baby sitter adalah salah satu kebutuhan pokok bagi para ibu yang bekerja. Sebab para ibu tidak mungkin meninggalkan anak mereka sendirian dirumah ketika mereka bekerja apalagi membawa anak ke tempat bekerja juga bukanlah suatu pilihan yang bisa diambil.

Pekerjaan seorang baby sitter bukan hanya mengajak anak bermain saja, namun juga tercakup pada tugas perawatan lainnya. Nah makanya dalam artikel kali ini kami ingin membagikan suatu informasi tentang cara-cara mengetes seorang baby sitter yang baru bekerja di rumah bunda sekalian.

Kenapa sih harus di Tes?

Pertanyaan tadi pasti dilayangkan oleh satu atau dua bunda yang membaca artikel ini.

Pengetesan baby sitter dimaksudkan untuk memastikan bahwa orang yang kita pekerjakan sebagai baby sitter di rumah benar-benar seseorang yang kompeten dan mampu melaksanakan tugasnya, sehingga kita bisa tenang meninggalkan anak kita dalam pengasuhan mereka.

Apa aja sih cara-cara mengetesnya Yuk mari kita simak langsung saja di artikel Cara Mengetes Keterampilan Baby Sitter yang baru bekerja

1 Cara Menggendong

Seorang baby sitter yang sudah biasa bekerja, tentunya tidak akan ragu lagi dalam menggendong anak Anda. Dalam posisi berdiri atau duduk, anak akan digendong dengan mengambil pangkal lengannya (Ketiak) dan dalam posisi tidur anak akan diambil lewat leher dan juga pinggulnya.

Untuk bayi yang baru lahir (New Born Baby) bayi harus digendong secara hati-hati karena leher dari sang bayi masih sangat lembek dan juga bagian kepalanya juga masih lembek. Maka teknik penggendongan khusus harus dilakukan.

Perhatikanlah, jika si Baby Sitter melakukan yang dituliskan diatas dengan tanpa ragu lagi. Maka selamat Bunda telah mendapatkan seorang baby sitter yang berpengalaman dalam mengasuh anak.

Sungguh-sungguh menjadi baby sitter yang disukai oleh anak

2 Cara Membersihkan Sisa Pup

Hal yang kedua yang harus di tes adalah bagaimana cara si Baby Sitter membersihkan sisa pup anak Anda.

Bayi terlebih lagi bayi yang baru lahir itu sangat sensitif terhadap apa saja. Makanya kebersihan mereka juga harus dijaga, salah satunya dengan proses membersihkan pup dengan benar.

Bayi pertama kali dibaringkan di sebuah alas anti basah, lalu dibuka popoknya. Sisa kotoran diseka dengan tissu basah dari arah kelamin ke pantat bayi (BUKAN SEBALIKNYA!). Lalu untuk mencegah biang keringat pantat bayi diseka dengan tissu kering dan lalu diberikan bedak bayi. Kemudian dipasangkan kembali popok yang baru.

Untuk popok yang kotor, dilipat lalu dimasukan dalam wadah tertentu baru kemudian dibuang ke tong sampah.

Pastikan baby sitter yang bekerja di rumah Anda minimal mengikuti cara-cara tadi, jika iya berarti baby sitter tadi bisa membersihkan sisa pup anak dengan benar dan cukup layak menjadi pengasuh anak Anda.

Lihat Juga : Cara Menghindari Sindikat Penjahat Baby Sitter Masuk Ke Rumah Anda

3 Cara Memandikan

Untuk hal tiga yang harus Anda tes adalah bagaimana cara si Baby Sitter tadi memandikan Anak. Proses memandikan Anak apalagi bayi bukanlah hal sepele yang bisa dilakukan secara sembarangan.

Coba lihat bagaimana dirinya menyiapkan air. Air yang dipakai untuk memandikan anak adalah biasanya adalah air hangat-hangat kuku. Agar anak tidak menggigil setelah dimandikan.

Untuk proses pemandian, anak dimasukan kedalam bak mandi anak dimulai dari kaki hingga ke dadanya saja. Kepala tidak dicelupkan, melainkan hanya dibilas saja.

Oh iya, Anda bisa memperhatikan cara baby sitter menggendong anak secara benar atau tidak dengan memperhatikan cara memandikan anak.

Dimana tempat mencari baby sitter di tangerang dan bandung

4 Cara Memakaikan Popok

Seorang baby sitter yang sudah berpengalaman akan membukan popok secara hati-hati. Popok langsung pakai akan disobek lewat samping dengan tangan secara perlahan saat posisi bayi atau anak Anda ditidurkan. Agar kotoran atau pipis tidak berceceran kemana-mana.

Setelah itu, bagian yang akan dipakaikan popok di bersihkan dengan tissu basah dan tissu kering lalu dibubuhkan bedak bayi. Oh iya bedak bayi tidak ditempelkan pada bagian alat vital (Lubangnya) Karena dikhawatirkan akan menyumbat saluran kemih dari bayi.

Baru kemudian anak dipakaikan popok, proses pemakaian popok untuk anak bayi lebih baik pada posisi tidur dan untuk anak yang sudah aktif bisa dalam posisi berdiri. Yang harus Anda perhatikan adalah ketika membuka popok dan juga membersihkan pantat anak Anda, benar atau tidak?

Lihat Juga : Daftar hal Yang harus diajarkan Ibu pada Baby Sitter

5 Cara Memakaikan pakaian

Yang terakhir, tes yang dapat dengan mudah Anda lakukan untuk mengetahui kesiapan seorang baby sitter adalah melihatnya bagaimana cara memakaikan pakaian.

Membuat anak mengenakan pakaian adalah hal yang cukup sulit jika baby sitter tersebut tidak mengetahui caranya. Sebab anak tidak bisa membantu memasukan kepalanya kedalam baju dan juga kakinya ke celana. Sehingga perlu teknik khusus dalam memasukan pakaian sehingga bisa mereka gunakan.

Baby sitter yang berpengalaman akan menggulung baju tersebut agar bisa cukup dipegang oleh tangan lalu kepala anak akan dengan mudah masuk ke dalam baju. Dan untuk celana juga seperti itu.

Lihat Juga : 6 Hal yang membuat Suster Berhenti Bekerja

6 Cara memberikan Anak Makan dan Membersihkan Peralatannya

Untuk cara memberi makan anak, adalah hal yang sangat umum untuk diketahui oleh para baby sitter. Sehingga tidak memiliki kemampuan akan hal ini adalah sangat fatal dan bisa jadi indikasi baby sitter yang tidak bisa kerja. Maka pastikan baby sitter yang Anda pilih bisa melakukannya.

Makanan pada anak terlebih anak bayi tidak boleh makanan dingin, makanan keras dan juga makanan yang ada sisi tajamnya (seperti keripik).

Makanan harus dipastikan halus dan mudah ditelan oleh bayi sebelum disuapkan pada anak.

Selain itu, suhu makanan juga jika bisa maka lebih baik hangat (Panas tidak boleh). Proses peniupan juga harus dilakukan sebelum disuapkan pada mulut anak untuk memastikan makanan tidak panas.

Peralatan makan yang digunakan adalah yang khusus untuk anak-anak, dimana terbuat dari bahan khusus dan bentuknya tumpul (untuk menghindari resiko tertusuk atau tergores). Peralatan anak dipisahkan dari peralatan makan baby sitter untuk menghindari penularan penyakit.

Untuk Proses pembersihan peralatan makan, yang harus diperhatikan adalah botol susu. Botol susu harus direndam dalam air panas, baru kemudian disikat dengan sikat botol bayi agar tidak ada sisa susu sebelumnya yang tertinggal. Baru kemudian dicuci dengan sabun khusus dan dibilas dengan air.

Nah jika proses yang dilakukan oleh baby sitter Anda sudah mendekati ini maka alhamdulillah baby sitter yang dipilih dapat dibilang cukup kompeten dalam memberi anak makan dan menjaga peralatannya.

Sekian 6 Hal yang dapat anda lakukan untuk mengetes keterampilan baby sitter yang hendak bekerja di rumah Anda. Mudah-mudahan Anda dapat menemukan yang pas.

Oh iya ada baiknya Anda membaca juga tentang keterampilan lain yang harus dimiliki oleh baby sitter disini sebagai bahan pertimbangan.

Lihat juga : 4 Keterampilan Pendukung yang harus dikuasai Oleh Baby sitter

Sampai Jumpa

 

Salam Hangat,

 

Yayasan harapan Bunda

author

BabySitterJakarta.com adalah sebuah website milik yayasan harapan bunda yang dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang cara-cara pengasuhan dan bagaimana memilih baby sitter yang terbaik pada masyarakat.

Leave a reply "Cara Mengetes Keterampilan Baby Sitter yang baru bekerja"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*