7 Tips Membuat Baby Sitter Betah Di Rumah

Kado tersebut tidak perlu mahal, bisa juga sekedar ucapan atau angpao untuk sang Baby sitter

Pemberian kado ulang tahun, adalah salah satu cara menghargai BS yang akan membuat mereka betah

Merawat seorang anak sembari bekerja adalah hal yang cukup menyulitkan. Terlebih lagi jika pekerjaan kita menuntut waktu dan perhatian khusus yang tidak bisa dibagi.

Makanya banyak para ibu khususnya mereka yang merupakan wanita karir memilih untuk mempekerjakan baby sitter dalam rangka mengurus anak mereka.

Ada Ibu yang bisa memiliki baby sitter yang betah lama bekerja, dan ada juga yang baby sitter baru bekerja satu minggu saja mereka sudah minta berhenti bekerja? Nah lho, kenapa ya?

Urusan baby sitter yang sedikit-sedit minta berhenti atau tidak betah bekerja di tempat Anda mungkin disebabkan karena baby sitter tersebut tidak bisa beradaptasi atau memang tidak sesuai dengan lingkungan atau situasi bekerja di tempat Anda.

Kalau hal tersebut hanya berlangsung sesekali saja sih mungkin memang begitu adanya, nah kalau setiap baby sitter yang bekerja ditempat Anda hampir semuanya tidak betah lama bekerja, Hmm.. Bisa jadi ada beberapa hal dibawah ini yang mesti ibu ikuti.

7 Tips Membuat Baby Sitter Betah Di Rumah

Dalam tulisan kali ini, umi akan menuliskan beberapa tips yang umi praktekan sendiri agar baby sitter betah bekerja bersama umi di rumah. Mudah-mudahan tips ini dapat berlaku juga buat baby sitter para bunda yah.

Seperti apa sih tipsnya? Yuk kita langsung Saja.

1 Hargai Mereka

Baby sitter itu adalah seorang wanita yang juga memiliki perasaan, sama seperti para bunda juga. Dan selayaknya seorang wanita, kita tentunnya perlu dihargai atas setiap tindakan kita.

Pujilah hasil pekerjaan dari baby sitter yang Anda senangi, atau setidaknya menurut Anda cukup bagus. Hal tersebut akan membuatnya senang dan tidak jarang akan membuatnya melakukan hal –hal yang akan membuat gembira.

Jangan bersikap Angkuh terhadap mereka, bagaimanapun baby sitter juga sama seperti kita para wanita karir yang juga bekerja untuk mencari nafkah. Oleh karenanya mereka juga sama seperti kita yang perlu dihargai.

Jika mereka memiliki momen spesial, maka rayakanlahJ

Hal ini termasuk hal yang cukup penting untuk mengakrabkan keluarga Anda dengan sang baby sitter. Dan hal ini juga akan membuat sang BS lebih betah bekerja di rumah Anda. Karena dirinya merasa sudah dianggap seperti keluarga sendiri.

Momen-momen yang bisa membuat mereka senang antara lain : Ulang Tahun mereka, Waktu Lebaran, dan kejadian tertentu lainnya.

Lihat Juga : 5 Cara Memilih Baby Sitter yang harus Diketahui

2 Berikan Waktu Adaptasi

Tidak ada yang langsung bisa mengerjakan sesuatu secara sempurna pada percobaan pertama. Seperti naik sepeda, pada awalnya pasti kita akan terjatuh dan terjatuh lagi baru kita dapat menguasai cara naik sepeda yang benar.

Menjadi seorang baby sitter di Rumah Andapun sama halnya seperti itu, pastilah ada beberapa hal yang memerlukan waktu untuk dipelajari atau biasa disebut adaptasi.

Pada masa-masa awal sang Baby Sitter bekerja di rumah Anda. Jangan langsung memarahinya dengan cerewat jika dirinya membuat suatu kesalahan kecil. Misal lupa mengelap mulut anak selesai makan. Atau tidak memperhatikan kebiasaan keluarga Anda.

Pemberian waktu adaptasi ini harus diperhatikan oleh para bunda, agar sang baby sitter jadi betah dan tidak merasa tertekan ketika bekerja di rumah Anda.

Dalam masa adaptasi ini, agar bisa berlangsung lebih smooth bunda dapat turut memperkenalkan sang baby sitter terhadap kebiasaan sang anak, kebiasaaan dan tradisi keluarga serta keadaan lingkungan sekitar.

Biasanya waktu adaptasi seorang baby sitter akan berkisar dari 1-2 bulan. Maka para bunda disini diharapkan agak sabar ya pada bulan-bulan awal tersebut. Karena jika sudah melewati waktu dua bulan tersebut dengan baik. Biasanya sang baby sitter akan betah untuk bekerja di tempat bunda.

Lihat Juga : 5 Hal yang perlu bunda Ajarkan Untuk Adaptasi Sang Baby Sitter

3 Jika Tidak Sreg, Ajarkan dengan Lembut

Namanya juga seorang manusia, pasti ada sesuatu yang agak salah dan harus diluruskan. Begitu pula dengan hasil kerja seorang baby sitter.

Jika BS yang kita pekerjakan melakukan sesuatu yang kita tidak sreg, maka janganlah langsung diberondong dengan omelan panjang. Namun ajarkanlah dengan lembut.

Misal, cara mereka menghaluskan makanan atau cara mereka menyuapi anak. Jika Anda memiliki cara yang lebih Anda senangi, tentunya akan lebih baik jika Anda mengajarkannya langsung pada sang BS dibanding Anda hanya memarahi mereka.

Ingatlah, bahwa satu contoh nyata lebih berarti dibanding 1000 perkataan. Dengan teknik pengajaran yang lembut dan santun. Sang Baby Sitter akan merasa di hargai dan sekaligus bisa lebih cepat mengerti. Sehingga nantinya mereka akan bisa mengerjakan pekerjaan mereka sesuai dengan ekspektasi para bunda sekaligus menjadi lebih betah bekerja.

Foto dengan seorang anak yang senang sekali bersama baby sitter4 Ingat, Mereka Bukan Putri Raja

Baby Sitter tentu bukanlah putri raja, yang dapat berprilaku anggun dan penuh keelokan. Dan hal ini harus dapat Bunda pahami juga.

Jangan buat mereka tertekan dengan standar tinggi yang Anda tetapkan. Karena bisa jadi Kitapun sebagai wanita tidak dapat ataupun sulit melakukannya.

Umi pernah mendengar ada seorang bunda yang gampang sekali memberhentikan seorang BS hanya karena si BS menurutnya mengorok ketika tertidur. Padahal, mengorok itu adalah suatu hal manusiawi yang tidak bisa dielakan ketika seseorang tertidur. Jadi sudah seyogyanya kita maklumi.

Jika mereka mungkin makan dengan sedikit ceplak, maka ibu bisa mengajarkannya dengan baik. Jangan serta merta memarahinya atau mencibirnya makan seperti orang kampung atau binatang (Hal ini sangat tidak pantas bun, jangan ya kalau tidak nanti pasti sang BS tidak betah deh).

Jika mereka makan seperti itu, bunda bisa mengajarkannya dengan lembut. Katakan pada mereka bahwa agar lebih disenangi oleh para pria seharusnya makan itu jangan bersuara. Hal-hal kecil seperti ini bisa jadi penentu apakah seorang Baby Sitter akan betah atau tidak kerja dirumah Anda.

Dan sekali lagi, mereka bukan putri raja. Maka jika ada kesalahan dalam masalah etika, sopan santun atau prilaku selama tidak menjadi masalah maka maafkanlah dan maklumi (atau ajarkan).

Lihat Juga : Inilah Alasan, Kenapa Bunda Harus Cari Baby Sitter Yang berpendidikan

5 Selama Pekerjaannya Bagus, Hal lain jangan dipermasalahkan

Jika sang BS yang bunda pekerjakan bisa mengurus Anak dengan baik. Anak diberikan makan dengan baik dan cukup. Memandikan dan mendandani anak dengan baik, bermain dengan baik. Maka seharusnya bunda sudah cukup senang dan memaklumi kesalahan kecil yang terjadi.

Umi sendiri, ketika memiliki seorang BS dirumah yang bernama Nita. Umi tidak pernah memarahinya, selama anak umi diasuh dan dirawat dengan baik. Dan toh anak juga senang dengan si Nita ini sendiri. Yah Nobody perfect lah.

Sebab umi juga mengerti bahwa mencari seorang BS yang bisa benar-benar mengurus anak dan juga disenangi anak adalah hal yang cukup sulit. Jadi Umi tidak pernah mempermasalahkan hal-hal kecil lainnya. Apalagi jika kita iringi dengan penghargaan, wah sang BS bisa jadi akan jadi sangat senang dan betah kerja dirumah kita.

6 Jangan Tunda Hak Mereka

Jika sudah waktunya gajian, maka jangan ditunda ya bun.

Mereka para Baby Sitter juga sama seperti bunda yang sudah memiliki rencana ke depan untuk menggunakan uang gajian mereka. Yang berarti mereka miliki harapan pada tanggal-tanggal tertentu. Dan menahan gaji mereka adalah hal yang sangat tidak pantas dilakukan.

Perilaku menahan hak mereka atas gaji, akan membuat mereka menganggap bunda adalah seorang majikan yang payah dan tidak menyenangkan. Dan hal ini akan membuat baby sitter yang bekerja di tempat bunda akan segera angkat kaki alias pergi jika saatnya tepat.

Lihat Juga : 7 Tips Ketika Mengasuh Lansia

7 Jika Anda Sedang Senggang, Bantulah Mereka

Baby Sitter juga sama seperti kita, kadang ada saatnya mereka lelah dan butuh bantuan. Ataupun kadang mereka jenuh juga dengan pekerjaan mereka.

Penting untuk diketahui bahwa pekerjaan mengurus anak itu adalah pekerjaan yang melelahkan juga. Karena kita tidak bisa berhenti bekerja selama sang anak tersebut belum tertidur lelap. (ini serius lho bun).

Maka jika kebetulan bunda sedang tidak sibuk, ataupun sedang kebetulan ada dirumah. Maka jangan segan untuk membantu baby sitter yang bekerja di rumah bunda dalam mengurus anak.

Hal ini akan menjadi suatu nilai positif dimana anak dan juga sang Baby Sitter. Sang anak akan senang ibunya sendiri yang mengurusnya dan sang Baby Sitter akan senang juga memiliki majikan yang perhatian. Dan imbasnya adalah sang Baby Sitter akan lebih betah lagi bekerja di Rumah Bunda.

Wah tidak terasa ya sudah cukup panjang juga artikel umi kali ini. Maka umi rasa sekian dulu ya tulisan tentang tips membuat baby sitter betah di rumah. Mudah-mudahan dapat dipraktekan bersama.

Kami bisa membantu menemukan baby sitter untuk anak dan balita di daerah jakarta

Salam Cinta,

 

Umi Basil

author

BabySitterJakarta.com adalah sebuah website milik yayasan harapan bunda yang dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang cara-cara pengasuhan dan bagaimana memilih baby sitter yang terbaik pada masyarakat.

Leave a reply "7 Tips Membuat Baby Sitter Betah Di Rumah"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*