Hal Yang Perlu Ibu Ajarkan Pada Baby Sitter Baru Agar Mereka Cepat Beradaptasi

agar cepat beradaptasi seorang baby sitter harus diinfokan mainan apa yang disenangi anak

Ajarkan permainan yang anak sukai pada baby sitter

Setiap orang, ketika baru saja bekerja tentunya memiliki waktu adaptasi agar bisa benar-benar menguasai pekerjaan mereka. Kalau dalam ilmu teknik industri yang umi pelajari dulu, disebut Learning Curve atau kurva belajar.

Adaptasi tersebut mencakup cukup banyak aspek, yang beberapa diantaranya akan berlangsung dengan lebih baik kalau kita perkenalkan langsung pada baby sitter yang bekerja pada kita.

Nah apa saja sih hal yang perlu kita ajarkan secara langsung agar sang baby Sitter dapat lebih cepat beradaptasi di tempat kerjanya itu? Yuk mari disimak 5 Hal yang harus bunda ajarkan pada baby sitter dibawah ini :

5 Hal yang harus bunda ajarkan pada baby sitter

1 Kebiasaan Anak

Tugas seorang baby sitter yang utama adalah mengurus anak. Maka hal yang paling pertama harus bunda ajarkan adalah tentang anak yang akan mereka urus.

Beritahukan pada sang Baby Sitter, beberapa hal berikut ini (Bisa bunda tambahkan sendiri ya daftarnya )

  1. Makanan yang disukai dan tidak disukai oleh anak
  2. Makanan yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan oleh anak
  3. Permainan yang disenangi anak
  4. Bahasa Anak (ini penting, karena bunda biasanya tahu bahasa-bahasa khusus sang anak)
  5. Cara anak tertidur dan lamanya mereka tertidur
  6. Dan hal lainnya yang menurut bunda tidak akan diketahui oleh sang BS kecuali bunda ajarkan.

Lihat Juga : Cara Membuat Baby Sitter Betah Bekerja

2 Kebiasaan dan Tradisi Keluarga

Seorang baby sitter secara langsung akan masuk sebagai orang yang berada pada lingkungan keluarga inti bunda. Maka ajarkan juga tradisi atau kebiasaan dari keluarga bunda.

Salah satu contohnya adalah yang dilakukan oleh Cici Mei (Sahabat Umi), ketika imlek tiba sang Baby Sitter akan diingatkan akan ada banyak tamu di rumah dan dirinya tidak diperkenankan berada di area keluarga tua.

Tradisi-tradisi seperti ini penting sekali diajarkan agar tidak terjadi hal yang memalukan bagi Keluarga bunda sendiri. Bukan berarti memiliki BS itu salah, namun kita menguarangi kesalah pahaman antara keluarga juga.
Masih ada banyak contoh lainnya tentang hal ini, namun umi yakin pasti secara garis besar para bunda disini pasti sudah paham tentang maksud umi kan ya :).

Lihat Juga : Daftar layanan baby Sitter di Jakarta

3 Lingkungan Sekitar Rumah

Setiap rumah, memiliki karakterisitik lingkungan yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ada lingkungan yang bersahabat, cuek, bahkan ada lingkungan dimana para tetangga sekitarnya suka sekali mencari keributan (ini serius lho bun).

Maka, agar sang Baby Sitter bisa cepat beradaptasi sekaligus diterima dilingkungan (plus tidak diganggu). Bunda bisa mengajari mereka tentang lingkungan di sekitar rumah.

Beritahukan mereka siapa saja yang usil dan harus dihindari. Siapa di sekitar rumah yang baik dan dapat dipercaya. Dan hal-hal lainnya yang. Intinya infonya yang cukup jelas pada mereka agar mereka tidak kaget dengan keadaan serta aturan yang berlaku di lingkungan sekitar mereka.

Dengan pengajaran terhadap lingkungan sekitar ini, biasanya para baby sitter akan lebih cepat beradaptasi sekaligus menjadi lebih betah bekerja dirumah bunda nantinya (Mereka merasa diperhatikan dan dibimbing).

4 Tugas dan Tanggung Jawab Baby Sitter

Pada saat mereka baru pertama kali bekerja di rumah Bunda. Langsung berikan mereka informasi tentang tugas dan tanggung jawab mereka selama bekerja sebagai Baby Sitter.

Hal ini sangat penting sekali, agar tercipta suatu keadaan saling mengerti antara Baby Sitter dan Bunda. Dan agar mereka tidak merasa di bebani untuk tugas diluar tanggung jawab mereka.

Jangan membuat baby sitter bekerja merangkap sebagai pembantu ataupun tukang cuci pakaian dan hal lainnya.

Ingat, tugas utama seorang baby sitter di rumah bunda itu adalah mengurus dan mengasuh anak bunda. That’s it. (kecuali ada bayaran lebih untuk melakukannya hihi)

Lihat Juga : Cara Memilih Baby Sitter yang Cocok Untuk Keluarga

5 Batasan-batasan Mereka selama bekerja

Nah, yang terakhir yang dapat bunda ajarkan pada para BS yang baru bekerja adalah tentang batasan-batasan dan aturan selama mereka bekerja di rumah bunda.

Batasan ini seperti area mana saja yang boleh sang baby sitter masuki. Makanan yang boleh dia ambil dan lain sebagainya.

Hal tentang pemberian informasi batasan selama bekerja ini sangat penting untuk menghindari kesalahan paham antara bunda dan baby sitter.

Terkadang ada baby sitter yang akan langsung minta pulang, jika tiba-tiba dirinya dimarahi karena melanggar sebuah batasan yang dirinya tidak diberi tahu tentang itu. Nah makanya lebih baik bagi kita para bunda yang cantik, untuk memberikan mereka informasi tentang hal tersebut sebelum mereka melanggarnya.

Nah itu dia 5 Hal yang dapat bunda ajarkan agar sang baby sitter dapat lebih cepat beradaptasi sekaligus lebih betah bekerja. Mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk bunda.

Salam Cinta

 

Umi basil

Inilah Cara yang tepat untuk menjadi layanan baby sitter terpercaya

author

BabySitterJakarta.com adalah sebuah website milik yayasan harapan bunda yang dibuat untuk memberikan informasi terkini tentang cara-cara pengasuhan dan bagaimana memilih baby sitter yang terbaik pada masyarakat.

Leave a reply "Hal Yang Perlu Ibu Ajarkan Pada Baby Sitter Baru Agar Mereka Cepat Beradaptasi"

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rating*